Kuliner

Resep Jajanan Tradisional Yang Wajib Anda Coba

10 Tips dan Cara Memasak Pastel yang Enak dan Renyahnya Tahan Lama

Maraknya jajanan kekinian yang masuk ke Indonesia memang membuat beberapa jajanan tradisional tersingkir. Padahal jajanan tradisinonal tidak kalah enak dengan jajanan kekinian. Jajanan tradisional bahkan kaya akan variasi rasa dan bentuk yang unik. Maka anda jangan ragu untuk mencoba jajanan tradisional jika berjumpa dengan pedagang jajanan tradisional. Jajanan tradisional dari masing daerah berbeda-beda. Ada yang jajanan tradisional yang manis dan gurih. Jika anda penasaran, anda bisa mencoba membuatnya sendiri di rumah. Berikut beberapa resep makanan khas jawa yang wajib anda coba.

  • Pastel

Jajanan tradisional yang satu ini mempunya bentuk yang unik dan rasa menarik. Pastel memiliki isian yang sangat enak dan gurih. Bahan-bahan yang anda butuhkan untuk membuat pastel adalah tepung terigu, garam, minyak, dan telur 3 butir. Untuk isinya anda bisa menyiapkan bihun, wortel dan daun bawang. Siapkan juga bumbu untuk isian yaitu bawang putih 3 siung dan merica bubuk.

Hal yang pertama anda siapkan adalah isiannya terlebih dahulu. Potong wortel tipis-tipis dengan ukuran yang sedang. Iris juga daun bawangnya. Kemudian haluskan merica dan bawang putih. Tumis bumbunya hingga wangi lalu masukan air sedikit dan wortel. Setelah itu masukan bihun dan daun bawang. Masak hingga airnya kering. Kemudian buat adonan pastek yaitu dengan mencampurkan tepung terigu, 1 butir telur dan garam. Uleni adonan hingga kalis dan lembut. Setelah itu pipihkan adonan da nisi dengan isian pastel. Isi juga dengan telur yang sudah direbus dan diiris terlebih dahulu.

  • Bakwan

Siapa yang tidak tahu jajanan tradisional yang satu ini. Jajanan yang satu ini masih sangat terkenal dari jajanan lainnya. Bahan yang harus anda siapkan untuk membuat bakwan adalah tepung terigu, wortel, toge, kol, garam dan penyedap rasa.

Hal pertama yang anda lakuan adalah dengan mencuci sayuran dan memotongnya menjadi ukuran sedang. Setelah itu buat adonan bakwan dengan mencampurkan tepung terigu dan air. Beri garam dan penyedap rasa secukupnya. Setelah itu masukkan sayuran dan diaduk lagi. Goreng adonannya di minyak panas dengan mengambil sedikit-sedikit. Goreng hingga kecoklatan. Bakwan ini juga bisa diganti isinya dengan labu atau ditambahkan daging sapi.

  • Dadar Gulung

Jajanan tradisional yang satu ini mempunyai rasa manis yang menggugah selera. Dadar gulung juga mempunyai warna yang menarik. Bahan yang anda siakan adalah tepung terigu, telur 2 butir, gula, pasta pandan dan garam. Selanjutnya untuk isian dadar gulung anda siapkan kelapa parut, dan gula merah 6 buah.

Hal yang harus anda lakukan adalah membuat isian dadar gulung terlebih dahulu. Anda masak kelapa parut dengan memasukkan ke dalam wajan. Kemudian berikan air dan gula merah dengan diris-iris terlebih dahulu. Lalu masak hingga semua gula tercampur pada kelapa parut. Setelah itu buat adonan dadar gulung. Caranya adalah dengan memberi air pada tepung. Lalu masukkan gula dan garam sedikit saja. Kemudian masukan terlur dan dikocok hingga tercampur semuanya. Lalu masukkan pasta pandan dikit saja. Setelah itu cetak adonan dadar gulung di teflon satu persatu. Kemudian isi dengan kelapa parut yang sudah dibuat tadi. Gulung dadar gulung dan sajikan. Anda juga bisa menggunakan pasta cokelat pada adonan dadar gulung jika anda ingin dadar gulung berwarna cokelat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *